Kamis, 29 September 2011

Proses Munculnya Ide dari Karya yang Dihasilkan


Pada hasil karya saya ini, saya menekankan pada konsep kreativitas yang biasa dikenal dengan 4P, yaitu Pribadi, Pendorong, Proses, dan Produk. Pribadi merupakan saya sendiri. Pendorong yaitu keinginan saya dan April untuk beli ini-itu, dan ingin kesana dan kesitu, sehingga membuat kami termotivasi untuk menabung. Proses, menurut Torrance (1988) meliputi seluruh proses kreatif dan ilmiah mulai dari menemukan masalah sampai dengan menyampaikan hasil, dalam hal ini: bagaimana saya mengerjakan mulai dari mendapatkan ide sampai kebutuhan yang harus saya penuhi. Sementara Produk dalam karya saya ini yaitu hasil nyata dari keinginan untuk menabung yang saya wujudkan dalam bentuk celengan berbentuk rumah.
Sebenarnya saya memandang kreativitas sebagai true giftedness, yang menurut Cropley (1994) adalah keterbakatan yang sungguh-sungguh) merupakan gabungan antara kemampuan konversional (ingatan baik, berpikir logis, pengetahuan faktual, kecermatan, dan sebagainya) dan kemampuan kreatif (menciptakan gagasan, mengenal kemungkinan alternatif, melihat kombinasi yang tidak diduga, memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang tidak lazim, dan sebagainya).
Selain itu juga, Rogers (1962) menekankan bahwa sumber dari kreativitas kecenderungan untuk mengaktualisasikan diri, mewujudkan potensi, dorongan untuk berkembang dan menjadi matang, kecenderungan untuk mengekspresikan dan mengaktifkan semua kemampuan organisme. Dalam hal ini, saya mengambil ide dari pengalaman saya dan April sebagai dorongan untuk berkembang, berkembang agar bisa mengaktualisasikan diri yaitu mewujudkan keinginan kami untuk menabung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar